Wednesday 3 December 2014

tujuan dan manfaat magang

Ruang Lingkup Magang
Keuangan ( Finance ) adalah salah satu ilmu yang sangat penting untuk diketahui oleh bagian pemeriksa dan kelompok fungsional agar bisa memeriksa jumlah pajak yang harus dibayar wajib pajak ( WP ) berdasarkan laporan keuangan yang diberikan wajib pajak ( WP ) dan memeriksa apabila ada ketidakcocokan jumlah pajak yang dibayar wajib pajak ( WP ) secara sukarela dengan hasil pemeriksaan dan perhitungan dari bagian pemeriksaan kantor pajak.
Perguruan tinggi di harapkan dapat menghasilkan lolosan yang berkompetensi dan siap guna. Untuk menghasilkan mahasiswa/i yang memiliki kompetensi memadai, tidak hanya di dukung dengan pengadaan kelas dan belajar teori saja tetapi dapat dengan melakukan praktik langsung di lapangan, hal ini membuat teori dan praktek kerja menjadi hal yang seimbang dan memberikan pengalaman kerja nyata bagi mahasiswa/i. Selain untuk menciptakan lulusan yang berkompeten, hal ini juga mendukung hubungan yang baik antara lembaga pendidikan dengan perusahaan yang memiliki bidang terkait dalam mewujudkan kebutuhan SDM yang baik. Oleh karena itu, maka Institut Manajemen Telkom sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia memasukkan mata kuliah magang sebagai mata kuliah wajib. Dengan harapan agar mahasiswa/i yang melaksanakan magang memiliki pengalaman kerja dan dapat mempraktekkan secara langsung teori-teori yang telah di dapat. Mata kuliah magang ini sekaligus membuka wawasan mahasiswa/i terhadap lingkungan industri bisnis pada dunia nyata.
  Tujuan dan Manfaat Magang
Kegiatan magang yang dilaksanakan di KPP Pratama Padang di seksi pemeriksaan berlangsung selama 30 hari kerja, memiliki tujuan dan manfaat dari pelaksanaan magang tersebut.
  Tujuan Magang
1)      Untuk menambah wawasan dan keterampilan serta memperoleh pengalaman kerja selama mengikuti kegiatan magang di Seksi Pemeriksaan di KPP Pratama Padang.
2)      Membina hubungan baik antara lembaga pendidikan dengan perusahaan, dalam hal ini Institut Manajemen Telkom dengan KPP Pratama Padang.
3)      Untuk memperkaya kualitas dan kompetensi mahasiswa dalam mengaitkan dan menggunakan relevansi teori sebagai solusi untuk hal-hal yang muncul di dunia kerja.
4)      Untuk mengaplikasikan teori-teori ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan perkuliahan di Institut Manajemen Telkom ke bentuk praktik yang nyata di dunia kerja.
5)      Untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi dan mengatasi masalah baru yang muncul dalam dunia kerja sehari-hari guna membangun jiwa kerja yang tangguh, handal dan profesional.

  Manfaat Magang
Terdapat dua jenis manfaat yang dirasakan baik bagi penulis serta bagi Institut Manajemen Telkom setelah melakukan kegiatan magang selama 30 hari kerja di Seksi Pemeriksaan di KPP Pratama Padang.

§  Manfaat Akademis bagi Penulis
1)      Memberi pengalaman bagaimana cara komunikasi dengan para pekerja kantor pajak, dimana pada kegiatan magang di Seksi Pemeriksaan, peserta magang harus bisa berkomunikasi dengan istilah keuangan ketika ingin meminta data kepada pegawai lain di Seksi Pemeriksaan.
2)      Menambah pengetahuan mengenai cara-cara yang dilakukan oleh Seksi Pemeriksa di kantor pajak dalam  memeriksa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) wajib pajak ( WP ) .
3)      Memperkaya pemahaman penulis terhadap dunia kerja karena mampu menjadi sarana orientasi yang tepat terhadap lingkungan dunia kerja yang nyata.
4)      Membangun hubungan yang baik dengan pegawai KPP Pratama Padang.

§  Manfaat Akademis bagi Institut Manajemen Telkom
1)      Hasil kuliah magang para mahasiswa diharapkan dapat dijadikan umpan balik bagi Institut Manajemen Telkom, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan wawasan pengetahuan praktis tenaga pengajar, muatan kurikulum lokal, serta variasi dan kedalaman materi perkuliahan secara keseluruhan.
2)      Mendapat citra baik dari kantor yang bersangkutan dan masyarakat pada umumnya.
3)      Diharapkan makin terbina jalinan komunikasi yang baik dan saling menguntungkan antara Institut Manajemen Telkom dengan masyarakat luas, khususnya dengan kalangan perusahaan dan industri telekomunikasi dan informatika maupun institusi pemerintah.

§  Manfaat Praktis bagi Penulis
1)      Mengembangkan karakter profesional yang dibutuhkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja yang nyata.
2)      Sebagai wadah untuk mempersiapkan diri dalam kegiatan yang berkaitan dengan penyusunan tugas akhir.
3)      Membantu memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepadamahasiswa tentang kondisi kerja yang terdapat di lapangan secara nyata.
4)      Memperoleh masukan dan umpan balik untuk meningkatkan dan memperbaiki kemampuan serta keahlian mahasiswa.

§  Manfaat Praktis Bagi Institut Manajemen Telkom
Pelaksanaan kegiatan magang ini diharapkan dapat membina hubungan baik dan kerja sama antara Institut Manajemen Telkom dengan KPP Pratama Padang, masyarakat luas, industri telekomunikasi dan informatika maupun institusi pemerintah.
§  Manfaat Praktis Bagi Perusahaan
1)      Menjalin hubungan baik dengan Institut Manajemen Telkom dan peserta magang, sehingga diharapkan dapat membantu kelancaran program magang selanjutnya.

2)      Mendapat bantuan tenaga keuangan untuk membantu pekerjaan-pekerjaaan yang membutuhkan tenaga diluar pihak perusahaan tanpa harus membuka proses rekrutmen baru dan mendapatkan bantuan riset yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kajian bagi perusahaan.

No comments:

Post a Comment