Tuesday 2 December 2014

langkah menggunakan software MARC



Langkah-Langkah Eksplorasi menggunakan software MARC :

1.Langkah pertama adalah membuat daftar atau mengumpulkan data yang akan kita ekplorasi pada Microsoft Excel




2.Langkah yang kedua adalah membuka software MARC yang sudah kita install pada laptop kita tadi, dengan tujuan untuk mengolah data yang sudah kita persiapkan sebelum nya.

3. Lalu setelah itu pilih option “Delimited Text Translator”




 4.Yang ke empat adalah setelah memilih option “Delimited Text Translator” tadi maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas, lalu input file diatas di isi dengan type file “mrk”. Sedangkan output file nya menggunakan type file “mrc”. Lalu click option next.


5.Lalu yang selanjutnya adalah rubah dan masukan angka serta bahasa yang akan kita gunakan. Setelah selesai lalu click OK.

6.Pada langkah ke enam, setelah tadi di click option next maka akan muncul tampilan seperti di atas. Yang harus di isi adalah kolom Map To dengan memasukan tulisan yaitu $100a lalu checklist kolom Repeatable Subfield. Lalu click option Finish.





7.Hasil dari langkah ke Enam tadi maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas, yang menunjukan bahwa data yang kita masukan tadi Sukses dalam pembuatan nya. lalu click Close.




8.Pada langkah selanjutnya adalah setelah tadi data dinyatakan sukses dalam pembuatan nya, maka kita akan mencoba melihat berapa kecepatan proses tersebut. Pada tampilan awal MARC tadi kita pilih option MARC Tools.



9.Setelah itu akan muncul tampilan seperti diatas, untuk mengetahui Results nya, terlebih dahulu masukan File Input dan File Output sesuai dengan yang kita masukan tadi di awal. Lalu setelah itu pada Functions pilih MarcMaker, lalu pilihan pada XML Conversions tidak usah dirubah. Setelah itu barulah click Execute maka hasil nya akan muncul, terlihat pada gambar diatas kecepatan nya yaitu 0,031200 Second.



No comments:

Post a Comment