Memahami marketing
Sisi emosional dari pembelian
Ketika berpikir tentang kebiasaan seorang membeli barang,
penting bagi anda untuk memahami mengapa orang membeli suatu barang yang jauh
melampaui fungsinya. Mereka membeli barang-barang tertentu karena rancangan dan
gaya barang ini membawa dampak luar biasa dalam kehidupan mereka. Mereka merasa
senang jika memiliki dan memakai barang yang indah serta berkualitas tinggi
seperti itu.
Pelanggan juga ingin membuat pernyataan tentang siapa mereka dan
menunjukkan cita rasa mereka. Kadang, hal ini berupa keinginan untuk dilihat
sebagai bagian suatu kelompok tertentu. Di saat lain, hal ini bias berarti
tepat kebalikannya dengan memiliki barang itu, mereka memisahkan diri dari
orang lain. Ketika tenaga penjual memasuki ranah impian dan emosi pelanggan,
pembicaraan yang berlangsung di bidang ini menjadi sangat berbeda.
Harga hanyalah salah satu factor
Salah satu faktor penting yang harus dipahami oleh tenaga
penjual adalah harga hanyalah salah satu dari sejumlah alas an orang membeli
barang. Proses pembelian atau penjualan jauh lebih rumit daripada sekedar soal
harga. Anda pergi ke suatu tempat karena “suatu hal lain” terjadi di situ. Di
situ ada gairah , di sana ditawarkan barang yang berkualitas tinggi dan
pelayanan yang baik. Beri mereka layanan terbaik dan jangan menurunkan harga.
Jika anda menawarkan harga yang lebih rendah kepada mereka, anda menganggap
remeh kualitas, kecanggihan dan citra yang dimiliki barang tersebut. Layanan
pribadi tanpa cela yang diberikan kepada pelanggan akan memiliki nilai setara
dengan harga yang ditawarkan.
Kekaguman tercetus ketika anda melampaui harapan
pelanggan
Selain harus terus bersikap konsisten, tenaga penjual harus
mencari cara untuk memberikan layanan dengan kualitas hebat dan mengagumkan. Mereka harus terus mencari cara untuk menciptakan kesan
menyenangkan yang tak dapat dilupakan oleh setiap pelanggan.
Acap kali, kesan
itu timbul karena hal-hal yang dianggap sepele, seperti beberapa contoh :
-
Ketika kembali dari perjalanan ke India, tenaga
penjual membawa sebungkus the kesukaan pelanggannya yang dikemas secara
istimewa.
-
Sentra layanan purnajual yang dapat menangani
pesanan dengan cepat sehingga pelanggan dapat membawa barang itu bersamanya
dalam suatu perjalanan
-
Pengiriman hadian yang baisanya tidak tersedia
untuk perayaan ulang tahun, tetapi berkat layanan yang luar biasa, dapat tiba
pada waktunya.
-
Pemilik restoran yang menawarkan foto gratis
bagi pelanggan yang sedang merayakan acara di tempat itu.
-
Hotel mewah yang mencetak kartu nama bertuliskan
nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi di hostel itu sebagai ucapan terima
kasih bagi setiap tamu.
Setiap
hari, selalu ada peluang untuk menciptakan momen tak terlupakan sehingga
pelanggan dapat berbagi informasi tentang pelayanan memuaskan yang mereka
terima kepada orang lain.
Bagian
2 binalah hubungan antarpribadi terlebih dulu, setelah itu baru berlanjut ke
penjualan
Merubah setiap pertemuan menjadi pengalaman
Jadikanlah
moto: menjadikan setiap pertemuan sebagai pengalaman menyenangkan, tak peduli
pengunjung itu membeli barang atau tidak. Dengan akta lain, setiap pengunjung
yang meninggalkan took itu belakangan akan mengingat kembali kesan baik tentang
layanan yang mereka terima, tak peduli mereka adalah pelanggan took atau hanya
pengunjung baisa. Sehingga beragam pendekatan yang sesuai harus diterapkan pada
berbagai situasi. Membuat setiap orang
yang dating merasa senang dapat menyenangkan hati anda.
Masuk ke dalam cerita pelanggan.
Tenaga
penjual harus mengingat pentingnya membina hubungan pribadi dengan pelanggan.
Ia juga harus ingat akan banyaknya barang bagus yang ditawarkan pesaing, dan
bahwa kebanyakan pasangan akan berkeliling mencari yang terbaik. Pertemuan
pertama ini harus menjadi saat untuk menggali lebih banyak ceerita tentang
calon pembeli. Setiap pengunjung dating dengan cerita yang harus digali.
Memuji pelanggan
Memuji
adalah cara yang baik atas dasar berbagai alas an. Kita memakai atau
menggunakan barnag-barang tertentu yang kita pilih dan suaki. Pujian akan membuat
pelanggan merasa sangat terssanjung, dan siapa yang tidak suka menerima
sanjungan tulus sesekali waktu?, hal ini juga dapat membuat seseorang yakin
akan barang yang dibelinya.
Mulailah
percakapan dengan pelanggan dan menciptakan atmosfer menyenangkan. Memberi
pujian adalah suatu keharusan
Setiap keluhan adalah peluang
Sebenarnya
mencari solusi atas kelahan yang diajukan pelanggan terbukti dapat menguntngkan
pelanggan lain. Mengganti sesuatu yang menjengkelkan atau mengecewakan
pelanggan menjadi bukti adanya peningkatan dalam layanan yang diberikan bagi
pelanggan. Tenaga penjual melihat keluhan yang diajukan pelanggan sebagai
peluang emas. Mereka mampu menggunakan nya untuk mengubah situasi sekitar.
Pendekatan yang harus dilakukan untuk mengubah situasi sekitar adalah dengan
cara :
-
Bersikap menerima dan berempati
-
Menerima keluhan dan mengatakan : saya mengerti
-
Mengajukan pertanyaan untuk menjernihkan situasi
-
Menawarkan diri untuk segera bertindak dengan
mengatakan : inni yang akan saya lakukan
-
Mengambil tanggung jawab secara pribadi
-
Menginformasikan informasi kepada pelanggan
-
Berterima kasih kepada pelanggan karena telah
memberitahu anda tentang situasi itu.
-
Menindaklanjuti keluhan yang diajukan demi
kepuasan pelanggan.
Dengan mendengar, meminta maaf, serta menunjukkan sikap
bersedia membantu, situasi dapat dibah. Acap kali, pelanggan yang mengajukan
keluhan pergi dengan perasaan puas serta menjadi pelanggan paling setia.
Pesaing lain
Tenaga penjual adalah seseorang yang mengetahui apa yang
ditawarkan pesaing dan ia tahu apa yang dapat dilakukan untuk menandingi
penawaran yang diajukan pesaingnya itu. Ia juga menyadari bahwa ada pesaing
lain, dan pesaing ini sama seriusnya dengan pesaing yang menawarkan produk
dengan model dan rancangan serupa dari merk lain.
Banyak hal yang bisa ditentukan oleh duta penjualan. Pertama
adalah menyadari dan mengetahui ahwa tidak membeli apapun adalah pilihan riil
yang harus dihargai. Perlunya melakukan uji coba terhadap barang. Dalam setiap
situasi seperti ini, tenaga penjual harus menambahkan alasan yang meyakinkan.Dan setiap hari, orang dating tanpa bermaksud membeli, dan
tenaga penjual harus sadar akan adanya pilihan ini.
Layanan tidak membutuhkan biaya
Tenaga penjual selalu mencari cara untuk member saran kepada
pelanggan dan membuat mereka tetap merasa senang. Pelanggan menghargai saran yang diberikan
tenaga penjual, seperti memberikan bantuan apapun yang mereka butuhkan saat
membeli sesuatu atau mengingatkan jika barang yang mereka cari telah dating.
Sikap bersedia melayani selalu dihargai.
Bahaya besar dari pemikiran yang berprasangka.
Banyak orang menilai seseorang dari pakaian yang
dikenakannya, adalah ungkapan yang sangat merugikan, khususnya pada situasi
penjualan. Tenaga penjual sudah sering kali memaparkan cerita yang membuktikan
bahwa ungkapan ini salah. Perlakukanlah setiap orang yang anda temui sebagai
orang yang ingin anda layani dengan senang hati.
Bekerja sebagai pemain tim
Tim menang atas individu, dengan para anggota tim yang
kadang memberikan dukungan, kadang menjadi orang pertama yang dihubungi
pelanggan. Tenaga penjual harus bekerja keras untuk mengembangkan kemampuan
agar menjadi pemain efektif dalam tim.
Sebuah tim harus berkomunikasi dengan baik. Sebuah tim harus
memiliki tujuan yang sama, sehingga hari-hari berlalu lebih cepat dalam
atmosfer yang positif dan menyenangkan. Perasaan senagn karena adanya
kebersamaan akan membuat planggan juga merasa senang. Jika ini terjadi, mereka
ingin dating kembali.
Pelanggan dapat merasakan jika ada sekelompok indicidu yang
hanya mencari keuntungan untuk diri sendiri saat sedang melakukan penjualan.
Sikap “setiap orang bagi dirinya sendiri” sungguh tidak dapat ditolerir. Ini
akan menjadi penyebab konflik yang jika tidak diberhendtikan akan segera
merusak atmosfer took itu. Ketika konflik pribadi timbul, kadang konflik itu
menjadi hal yang lebih penting ketimbang pelanggan, yang jumlahnya berkurang.
Tenaga penjual harus mengingat pentingnya berkomunikasi. Member dan berbagi
informasi akan jauh lebih berguna daripada menyimpannya untuk diri sendiri.
Mainkanlah peran ada dalam kesuksesan tim.