Friday 21 November 2014

Seni mendapatkan pelanggan

Seni mendapatkan pelanggan

Waktu adalah alat bantu penjualan yang berharga

Tenaga penjual memahami bahwa bertindak terburu-buru atau bersikap memaksa dapat menimbulkan risiko hilangnya peluang untuk menjual. Mereka harus mundur sejenak dan mengamati situasi sambil tetap berada di tempatnya. Mereka bahkan dapat meninggalkan pelanggan sendirian untuk berpikir beberapa waktu lamanya. Orang sering kali berbicara tentang mengambil waktu untuk sesuatu. Hal ini sebenarnya lebih mengenai member waktu dan bukan mengambil waktu. 
Ketika di luar sana orang selalu terburu-buru, di sini duta penjualan menunjukkan bahwa ia memiliki waktu untuk mendengarkan, menjelaskan, atau semata hadir untuk pelanggan. Member waktu bagi setiap situasi berarti membangun kepercayaan, suatu hal yang sangat penting dalam tiap hubungan. Agar berhasil dalam menjual dan membangun hubungan, berikanlah waktu kepada pelanggan.

Seni menggunakan keheningan
Kita sudah melihat bahwa setiap kali bertemu dengan pelanggan, selalu ada waktu untuk segala sesuatu. Ada waktu untuk menyambut pelanggan dan ada waktu untuk mengetahui lebih banyak tentang pelanggan. Ada waktu untuk meberi penjelasan dan ada waktu untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan pelanggan. Demikian pula, ada waktu untuk keheningan. Menafsirkan keheningan sangatlah penting dan memampukan mereka menjawab pertanyaan. Jangan terburu-buru untuk mendapatkan jawaban dari pelanggan.

Memilih dengan cermat kata yang anda gunakan
Pemakaian kata adalah kunci penyampaian suatu pesan. Jika dipilih dengan tepat, kata-kata itu akan membantu tenaga penjual dalam menyampaikan keindahan perasaan. Jika pilihan kata yang spesifik digunakan dengan tepat, pendengar pasti ingin mendengar lebih banyak. Beberapa kata dan kalimat terdengar lebih menyenangkan serta elegan dibandingkan yang lain. Mereka berfungsi sebagai alat untuk memperjelas tofik yang tengah dibicarakan. Pemilihan kata yang tepat dapat menjadikan penawaran semakin kuat dan mempunyai nilai tambah.

Persaingan, pelanggan dan keuntungan anda
Orang berkeliling ke banyak tempat sebelum berbelanja. Kita suka membuat perbandingan. Pengalaman berbelanja tidak akan ada jika tidak ada alternatif lain. Tenaga penjual harus mengetahui hal ini. Tak peduyli apa yang ia jual, ia menyadari apa yang dapat menggoda calon pelanggannya di tempat lain. Ia tidak hanya mempelajari foto di halaman suatu majalah atau membaca tentang ulasan sebuah produk. Ia pergi dan mencari informasi dari tangan pertama, sampai bias mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh pesaing.
Pada setiap kasus, tenaga penjual mengembangkan satu unsur: keahlian yang akan membantunya menjelaskan kelebihan yang dimiliki oleh barang yang ditawarkannya. Keahlian itu dapat membuat pelanggan kembali merasa yakin, serta menolongnya dalam membuat keputusan. Tingkatkanlah nilai tambah yang anda miliki berkaitan dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing.

Menjadikan layanan anda sebagai layanan pribadi
Tenaga penjual harus sering-sering melakukan latihan layanan pribadi. Orang menghargai layanan pribadi. Mereka memilih untuk setia kepada tenaga penjual yang memerhatikan serta mengingat apa yang mereka sukai. Dalam memberikan layanan pribadi, anda sering kali akan bersaing dengan pesaing terkenal.

Rasa senang muncul dari konsistensi
Setiap tenaga penjual harus mengetahui daftar jawaban atas pertanyaan “apa yang pelanggan harapkan dari kita?”. Dan berupaya untuk mencari solusi atas pertanyaan “apa yang dapat kita perbuat untuk meyakinkan bahwa harapan ini dapat dipenuhi secara konsisten?”

Konsistensi adalah unsur utama dalam membangun kesetiaan pelanggan. Jangan sampai ada kejutan yang membuat pelanggan jengkel. Setiap orang dalam tim penjualan harus memiliki kepekaan dan turut bersikap konsisten. Ini adalah sesuatu yang menjadi dasar dimana tenaga penjual membangun reputasinya. Tanpa itu, mereka adalah staf penjualan yang gagal, yang juga mempromosikan merk yang gagal. Bangunlah konsistensi yang anda miliki dan anda akan berada satu tingkat di atas pesaing anda.


Keandalan seorang penjual

pelajari hubungan dengan pelanggan dan kesalahan yang mungkin dan telah terjadi


Apa yang terjadi jika anda membuat kesalahan atau sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan anda, seringkali kemarahan menjadi reaksi pertama kita. Hal-hal ini haruslah dihindari, jika kita marah maka kemarahan tersebut berlanjut dan mungkin akan membawanya pada pelanggan. Jika hubungan dengan pelanggan itu kokoh, kita harus bias memaafkan. Kita semua hanyalah manusia biasa dan kita semua berbuat salah. Hal ini member kita peluang untuk tertawa sebentar dan melanjutkan kehidupan. Situasi kembali menjadi nyaman dan sudah pasti hal sama tidak akan terulang. 

Bagi pelanggan, tenaga penjual adalah orang dengan siapa mereka berhubungan sehingga kekecewaan mereka ditujukan kepadanya. Dalam situasi seperti ini, selalu dibutuhkan diplomasi dan kemampuan tenaga penjual untuk dapat menangani kemarahan srta kekecewaan pelanggan dengan tenang. Kemampuan untuk berkata “ saya mengerti, dan saya mohon maaf” akan membantu anda mempertahankan pelanggan.


Cara menjual yang sukses
Apa yang dimaksud dengan cara menjual yang sukses?
Begini definisinya : kemampuan dan keahlian yang dimiliki tenaga penjual untuk menyediakan solusi bagi kebutuhan pelanggan yang dapat membangkitkan minat mereka untuk dating kembali serta mengalami kesenangan yang sama lagi.

Tenaga penjual harus tahu bahwa mereka harus berperan aktif dalam penjualan. Focus dari peran ini bukanlah sekadar memberikan solusi. Seni menjual adalah suatu hal yang lebih rumit daripada semata mengambil barang dari rak pajangan, mencatatnya dalam mesin penghitung, meletakkannya dalam tas, menggumamkan terima kasih, dan menghampiri pelanggan berikutnya. Jika ini yang dimaksud, robot pun dapat melakukannya.  

Setiap hubungan dengan pelanggan harus menjadi sesuatu dimana pertemuan itu dapat membangkitkan minat pelanggan untuk bukan hanya membeli saat ini, tetapi untuk kembali membeli di masa mendatang. Tenaga penjual harus terus melakukan pendekatan dalam menjual dengan cara sedemikian rupa yang dapat membangkitkan semangat pelanggan untuk kembali membeli. Sekali lagi, membina hubungan antarpribadi berperan penting dalam mencari tahu kebutuhan pelanggan serta membangun kesetiaan.

Menggunakan setiap pertemuan untuk memberikan informasi dan mendidik
Orang biasanya terbuka dan bahkan bersemangat untuk mempelajari hal baru ketika memperoleh peluang di saat yang tepat. Tenaga penjual memiliki peluang untuk mendidik setiap pelanggan yang ditemui, dan pengalaman belajar itu sangat dihargai, entah terjadi transaksi pembelian atau tidak. Tenaga penjual harus sadar akan pentingnya pembelajaran selama proses penjualan berlangsung serta harus mencari cara untuk mendidik setiap orang yang berhubungan dengan mereka. Berbagi ilmu akan membentuk ikatan di antara anda dan pelanggan.


Kekuatan pengaturan waktu
Pengaturan waktu adalah seni mengetahui saat yang tepat untuk bertindak atau mengatakan sesuatu. Pengaturan waktu menyentuh setiap aspek kehidupan. Pelanggan yang baru memasuki took acap kali harus menyesuaikan diri selama beberapa saat dengan sesuatu disitu sebelum mulai berbincang atau bertukar pendapat dengan tenaga penjual.

Cara mengatur waktu tidak hanya dipelajari dari pengalaman, tetapi dating bersama kemampuan mengamati dan merasakan setiap situasi. Harus dipahami juga bahwa setiap pengaturan waktu akan berbeda. 
Pengaturan waktu dapat dilihat dari beberapa sudut:
-          Memberikan waktu: orang dari latar budaya tertentu membutuhkan lebih banyak waktu untuk berpikir dan memilih barang yang ingin mereka beli.
-          Memberikan keheningan : pada situasi tertentu, tidak mengatakan apa-apa akan mendorong pelanggan untuk bicara dan dengan demikian member anda petunjuk penting
-          Mengatur waktu dalam menentukan pilihan : penjualan pada waktu yang tepat akan membantu pelanggan memusatkan perhatian pada penjualan.
-          Menawarkan alternatif: mengetahui kapan saatnya mengajukan pilihan lain jika tenaga penjual merasa pelanggan mungkin ingin melihat barang lain
-          Mengatur waktu untuk menyelesaikan penjualan: ketika tenaga penjual melihat pelanggan menyukai barang yang ditawarkan, ucapkanlah pujian yang tulus agar pelanggan membeli barang itu. Amati dari dekat dan rasakan keunikan setiap situasi.


memahami marketing

Memahami marketing 

Sisi emosional dari pembelian
Ketika berpikir tentang kebiasaan seorang membeli barang, penting bagi anda untuk memahami mengapa orang membeli suatu barang yang jauh melampaui fungsinya. Mereka membeli barang-barang tertentu karena rancangan dan gaya barang ini membawa dampak luar biasa dalam kehidupan mereka. Mereka merasa senang jika memiliki dan memakai barang yang indah serta berkualitas tinggi seperti itu. 
Pelanggan juga ingin membuat pernyataan tentang siapa mereka dan menunjukkan cita rasa mereka. Kadang, hal ini berupa keinginan untuk dilihat sebagai bagian suatu kelompok tertentu. Di saat lain, hal ini bias berarti tepat kebalikannya dengan memiliki barang itu, mereka memisahkan diri dari orang lain. Ketika tenaga penjual memasuki ranah impian dan emosi pelanggan, pembicaraan yang berlangsung di bidang ini menjadi sangat berbeda.

Harga hanyalah salah satu factor
Salah satu faktor penting yang harus dipahami oleh tenaga penjual adalah harga hanyalah salah satu dari sejumlah alas an orang membeli barang. Proses pembelian atau penjualan jauh lebih rumit daripada sekedar soal harga. Anda pergi ke suatu tempat karena “suatu hal lain” terjadi di situ. Di situ ada gairah , di sana ditawarkan barang yang berkualitas tinggi dan pelayanan yang baik. Beri mereka layanan terbaik dan jangan menurunkan harga. Jika anda menawarkan harga yang lebih rendah kepada mereka, anda menganggap remeh kualitas, kecanggihan dan citra yang dimiliki barang tersebut. Layanan pribadi tanpa cela yang diberikan kepada pelanggan akan memiliki nilai setara 
dengan harga yang ditawarkan.

Kekaguman tercetus ketika anda melampaui harapan pelanggan
Selain harus terus bersikap konsisten, tenaga penjual harus mencari cara untuk memberikan layanan dengan kualitas hebat dan mengagumkan. Mereka harus terus mencari cara untuk menciptakan kesan menyenangkan yang tak dapat dilupakan oleh setiap pelanggan. 
Acap kali, kesan itu timbul karena hal-hal yang dianggap sepele, seperti beberapa contoh :
-          Ketika kembali dari perjalanan ke India, tenaga penjual membawa sebungkus the kesukaan pelanggannya yang dikemas secara istimewa.
-          Sentra layanan purnajual yang dapat menangani pesanan dengan cepat sehingga pelanggan dapat membawa barang itu bersamanya dalam suatu perjalanan
-          Pengiriman hadian yang baisanya tidak tersedia untuk perayaan ulang tahun, tetapi berkat layanan yang luar biasa, dapat tiba pada waktunya.
-          Pemilik restoran yang menawarkan foto gratis bagi pelanggan yang sedang merayakan acara di tempat itu.
-          Hotel mewah yang mencetak kartu nama bertuliskan nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi di hostel itu sebagai ucapan terima kasih bagi setiap tamu.

Setiap hari, selalu ada peluang untuk menciptakan momen tak terlupakan sehingga pelanggan dapat berbagi informasi tentang pelayanan memuaskan yang mereka terima kepada orang lain.
Bagian 2 binalah hubungan antarpribadi terlebih dulu, setelah itu baru berlanjut ke penjualan

Merubah setiap pertemuan menjadi pengalaman
Jadikanlah moto: menjadikan setiap pertemuan sebagai pengalaman menyenangkan, tak peduli pengunjung itu membeli barang atau tidak. Dengan akta lain, setiap pengunjung yang meninggalkan took itu belakangan akan mengingat kembali kesan baik tentang layanan yang mereka terima, tak peduli mereka adalah pelanggan took atau hanya pengunjung baisa. Sehingga beragam pendekatan yang sesuai harus diterapkan pada berbagai situasi.  Membuat setiap orang yang dating merasa senang dapat menyenangkan hati anda.

Masuk ke dalam cerita pelanggan.
Tenaga penjual harus mengingat pentingnya membina hubungan pribadi dengan pelanggan. Ia juga harus ingat akan banyaknya barang bagus yang ditawarkan pesaing, dan bahwa kebanyakan pasangan akan berkeliling mencari yang terbaik. Pertemuan pertama ini harus menjadi saat untuk menggali lebih banyak ceerita tentang calon pembeli. Setiap pengunjung dating dengan cerita yang harus digali.

Memuji pelanggan
Memuji adalah cara yang baik atas dasar berbagai alas an. Kita memakai atau menggunakan barnag-barang tertentu yang kita pilih dan suaki. Pujian akan membuat pelanggan merasa sangat terssanjung, dan siapa yang tidak suka menerima sanjungan tulus sesekali waktu?, hal ini juga dapat membuat seseorang yakin akan barang yang dibelinya.
Mulailah percakapan dengan pelanggan dan menciptakan atmosfer menyenangkan. Memberi pujian adalah suatu keharusan

Setiap keluhan adalah peluang
Sebenarnya mencari solusi atas kelahan yang diajukan pelanggan terbukti dapat menguntngkan pelanggan lain. Mengganti sesuatu yang menjengkelkan atau mengecewakan pelanggan menjadi bukti adanya peningkatan dalam layanan yang diberikan bagi pelanggan. Tenaga penjual melihat keluhan yang diajukan pelanggan sebagai peluang emas. Mereka mampu menggunakan nya untuk mengubah situasi sekitar. 
Pendekatan yang harus dilakukan untuk mengubah situasi sekitar adalah dengan cara :
-          Bersikap menerima dan berempati
-          Menerima keluhan dan mengatakan : saya mengerti
-          Mengajukan pertanyaan untuk menjernihkan situasi
-          Menawarkan diri untuk segera bertindak dengan mengatakan : inni yang akan saya lakukan
-          Mengambil tanggung jawab secara pribadi
-          Menginformasikan informasi kepada pelanggan
-          Berterima kasih kepada pelanggan karena telah memberitahu anda tentang situasi itu.
-          Menindaklanjuti keluhan yang diajukan demi kepuasan pelanggan.
Dengan mendengar, meminta maaf, serta menunjukkan sikap bersedia membantu, situasi dapat dibah. Acap kali, pelanggan yang mengajukan keluhan pergi dengan perasaan puas serta menjadi pelanggan paling setia.

Pesaing lain
Tenaga penjual adalah seseorang yang mengetahui apa yang ditawarkan pesaing dan ia tahu apa yang dapat dilakukan untuk menandingi penawaran yang diajukan pesaingnya itu. Ia juga menyadari bahwa ada pesaing lain, dan pesaing ini sama seriusnya dengan pesaing yang menawarkan produk dengan model dan rancangan serupa dari merk lain.

Banyak hal yang bisa ditentukan oleh duta penjualan. Pertama adalah menyadari dan mengetahui ahwa tidak membeli apapun adalah pilihan riil yang harus dihargai. Perlunya melakukan uji coba terhadap barang. Dalam setiap situasi seperti ini, tenaga penjual harus menambahkan alasan yang meyakinkan.Dan setiap hari, orang dating tanpa bermaksud membeli, dan tenaga penjual harus sadar akan adanya pilihan ini.


Layanan tidak membutuhkan biaya
Tenaga penjual selalu mencari cara untuk member saran kepada pelanggan dan membuat mereka tetap merasa senang.  Pelanggan menghargai saran yang diberikan tenaga penjual, seperti memberikan bantuan apapun yang mereka butuhkan saat membeli sesuatu atau mengingatkan jika barang yang mereka cari telah dating. Sikap bersedia melayani selalu dihargai.

Bahaya besar dari pemikiran yang berprasangka.
Banyak orang menilai seseorang dari pakaian yang dikenakannya, adalah ungkapan yang sangat merugikan, khususnya pada situasi penjualan. Tenaga penjual sudah sering kali memaparkan cerita yang membuktikan bahwa ungkapan ini salah. Perlakukanlah setiap orang yang anda temui sebagai orang yang ingin anda layani dengan senang hati.

Bekerja sebagai pemain tim
Tim menang atas individu, dengan para anggota tim yang kadang memberikan dukungan, kadang menjadi orang pertama yang dihubungi pelanggan. Tenaga penjual harus bekerja keras untuk mengembangkan kemampuan agar menjadi pemain efektif dalam tim.

Sebuah tim harus berkomunikasi dengan baik. Sebuah tim harus memiliki tujuan yang sama, sehingga hari-hari berlalu lebih cepat dalam atmosfer yang positif dan menyenangkan. Perasaan senagn karena adanya kebersamaan akan membuat planggan juga merasa senang. Jika ini terjadi, mereka ingin dating kembali.


Pelanggan dapat merasakan jika ada sekelompok indicidu yang hanya mencari keuntungan untuk diri sendiri saat sedang melakukan penjualan. Sikap “setiap orang bagi dirinya sendiri” sungguh tidak dapat ditolerir. Ini akan menjadi penyebab konflik yang jika tidak diberhendtikan akan segera merusak atmosfer took itu. Ketika konflik pribadi timbul, kadang konflik itu menjadi hal yang lebih penting ketimbang pelanggan, yang jumlahnya berkurang. Tenaga penjual harus mengingat pentingnya berkomunikasi. Member dan berbagi informasi akan jauh lebih berguna daripada menyimpannya untuk diri sendiri. Mainkanlah peran ada dalam kesuksesan tim.

pengertian wajib pajak, bea dan cukai

Tentang wajib pajak

Setiap wajib pajak wajib mendaftarkan dirinya pada direktorat jenderal pajak dan kepadanya diberikan nomor pokok wajib pajak (NPWP). Setiap wajib pajak wajib mengisi surat pemberitahuan, menandatangani, dan menyampaikannya ke direktorat  jenderal pajak dalam wilayah wajib pajak bertempat tinggal atau berkedudukan.

Wajib pajak harus mengambil sendiri surat pemberitahuan di tempat yang ditentukan oleh direktorat jenderal pajak. Batas waktu penyampaian surat pemberitahuan adalah :
1.       Untuk surat pemberitahuan masa, selambat-lambatnya dua puluh hari setelah akhir masa pajak
2.       Untuk surat pemberitahuan tahunan, selambat-lambatnya tiga bulan setelah akhir tahun pajak
Wajib pajak mengisi dan menyampaikan surat pemberitahuan dengan benar, lengkap, jelas dan menandatanganinya.

Dalam hal wajib pajak adalah badan, surat pemberitahuan harus ditanda tangani oleh pengurus atau direksi. Pengisian surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan oleh wajib pajak yang wajib melakukan pembukuan harus dilengkapi dengan laporan keuangan berupa neraca dan perhitungan rugi laba serta keterangan-keterangan lain yang diperlukan untuk menghitung besarnya penghasilan kena pajak.

Wajib pajak dapat membetulkan sendiri surat pemberitahuan dengan menyampaikan pernyataan tertulis, sepanjang direktur jenderal pajak belum mulai melakukan tindakan pemeriksaan
Dalam hal wajib pajak membetulkan sendiri surat pemberitahuan yang mengakibatkan hutang pajak semakin besar, maka kepadanya dikenakan sanksi berupa bunga sebesar 2% sebulan atas jumlah pajak yang kurang dibayar, dihitung mulai saat penyampaian surat pemberitahuan berakhir sampai dengan tanggal pembayaran karena pembetulan surat pemberitahuan itu.


Pengertian Bea dan Cukai

Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam undang-undang.

Pabrik adalah tempat tertentu termasuk bangunan, halaman, dan lapangan yang merupakan bagian daripadanya, yang dipergunakan untuk menghasilkan barang kena cukai dan/atau untuk mengemas barang kena cukai dalam kemasan untuk penjualan eceran.

Dokumen cukai adalah dokumen yang digunakan dalam rangka pelaksanaan undang-undang dalam bentuk formulir atau melalui media elektronik.

Direktorat jenderal badan cukai adalah unsur pelaksana tugas pokok dan fungsi departemen keuangan di bidang kepabeanan dan cukai. Cukai dikenakan pada barang kena cukai seperti:
a.       Etil alkohol atau etanol, dengan tidak mengindahkan bahan yang digunakan dan proses pembuatannya
b.      Minuman yang mengandung etil alkohol dalam kadar berapa pun, dengan tidak mengindahkan bahan yang digunakan dan proses pembuatannya, termasuk konsentrat yang mengandung etil alkohol
c.       Hasil tembakau, yang meliputi sigaret, cerutu, rokok daun, tembakau iris, dan hasil pengolahan tembakau lainnya, dengan tidak mengindahkan digunakan atau tidak bahan pengganti atau bahan pembantu dalam pembuatannya.

Barang kena cukai yang dibuat di Indonesia dikenal cukai berdasarkan tariff setinggi-tingginya:
-          Dua ratus lima puluh persen dari harga dasar apabila harga dasar yang digunakan adalah harga jual pabrik, atau 
-          Lima puluh lima persen dari harga dasar apabila harga dasar yang digunakan adalah harga jual eceran.




Wednesday 19 November 2014

perspektif wiraswasta dan rahasia sukses

Perspektif seorang wiraswasta

Pernahkan anda berpikir suatu hari bisa mempunyai bisnis sendiri? Apakah menjadi seorang wiraswastawan menarik bagi anda? Bagi banyak orang hal ini menarik. Selama dasawarsa lalu, banyak orang memilih menempuh karir dengan perusahaan-perusahaan yang baru mulai tumbuh dan berkembang. Memang, sementara banyak perusahaan besar sedang mengurangi jumlah karyawan, perusahaan-perusahaan kecil justru berhasil menciptakan ribuan lapangan kerja. Banyak orang berpikir bahwa bekerja di perusahaan besar lebih aman, dan ternyata akhirnya itu Cuma ilusi ketika mereka diberitahukan bahwa mereka akan di PHK.

Kewiraswastaan didefinisikan sebagai usaha tanpa henti mengejar peluang untuk menciptakan nilai entah berapapun sumber daya yang dimiliki. Supaya sukses, proses kewiraswastaan menuntut agar si wiraswastawan mampu:
1.       Mengidentifikasi sebuah peluang yang baik, kerap kali mungkin kita puny aide yang bagus, namun mungkin saja itu bukan peluang yang bagus. Peluang didorong oleh pasar. Harus ada cukup pelanggan yang mau membeli produk dengan harga yang menutup pengeluaran dan masih menyisakan keuntungan yang menarik- entah seberapa pun kita menyukai ide itu.

2.       Mendapatkan akses ke sumber daya yang dibutuhkan, wiraswasta biasanya tidak punya modal untuk memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan. Maka ia harus memiliki akses ke sumber daya sumber daya itu, namun biasanya tidak mampu memilikinya. Tujuannya adalah melakukan lebih banyak dengan modal lebih sedikit.

3.       Meluncurkan usaha, semua perencanaan di dunia ini tidak cukup. Wiraswastawan harus berorientasi kepada tindakan. Dibutuhkan semangan “bisa”

4.       Menumbuhkan bisnis, semua bisnis harus berkembang agar sukses. Bila tumbuh terlalu lambat kita rugi, bila terlalu cepat kita juga rugi. Selama menunggu waktu yang tepat dibutuhkan tambahan modal yang menuntut agar kita tahu bagaimana menilai harga perusahaan dan menstrukturkan pendanaan.


5.       Keluar dari bisnis, bila suatu usaha telah sukses, wiraswastawan itu telah menciptakan nilai ekonomis yang terkunci dalam bisnisnya. Pada suatu waktu, wiraswastawan itu ingin meraup nilai yang telah tercipta oleh bisnis itu. Itulah saatnya panen.

Rahasia sukses dalam hidup :
1.       Jangan terlalu banyak tidur, ini adalah salah satu investasi terbaikmu untuk membuat hidupmu lebih produktif. Jangan tidur lebih dari 7 jam.
2.       Berikan waktu luang setiap subuh untuk merenung dan menenangkan diri. Melihat sunrise mungkin salah satu cara baik untuk mengurangi stress dan menenangkan diri sejenak sebelum memulai aktifitas seharian.
3.       Sebelum memulai kegiatan Tanya pada diri sendiri apakah ini cara terbaik untuk menghabiskan waktu dan tenagaku ?, dengan cara ini mungkin kita mengurangi waktu dan tenaga pada hal yang tidak berguna.
4.       Tunjukkan sikap optimis dan entusiasme tinggi setiap hari.
5.       Selalu ingat bahwa kualitas hidupmu bergantung dari kualitas komunikasi dengan orang banyak. Selalu perbaiki kemampuan komunikasi dan gunakan kemampuan komunikasi tersebut untuk meraih lebih tinggi dan juga fokus terhadap apa yang anda inginkan.
6.       Tetaplah pada tujuan hidup anda, bukan pada penghasilan, dengan kata lain jangan lakukan sesuatu hanya untuk uang atau agar dikenal orang banyak. Teruslah kerjakan apa yang kamu cintai dan teruslah berbuat baik pada sesame.
7.       Kuatkan keinginanmu yang mungkin pudar seiring dengan berjalannya waktu
8.       Jangan biarkan pikiranmu melayang tanpa tentu, berusahalah untuk tetap fokus. Ketika melakukan sesuatu, fokuslah dan jangan pikirkan hal lain.
9.       Gunakan rumus 60/40 yaitu mendengar 60% dan berbicara hanya 40%.

10.   Berhenti mengeluh dan kembangkan kepribadian yang menyenangkan agar memperbaiki hubungan dengan orang sekitar.
11.   Bertemanlah dengan orang-orang positif dan orang-orang yang bisa kita ambil pelajaran.
12.   Selalu ingatlah hal ini, bahwa tidak seorangpun yang bisa menghina atau melukaimu sebelum kamu izinkan.
13.   Ingatlah tidak ada kegagalan, yang hanya ada pelajaran.
14.   Tidak pernah membicarakan kesehatan, kekayaan dan permasalahan pribadi lainnya dengan seseorang kecuali mereka yang termasuk keluarga anda.
15.   Seringlah berpuasa, minimal sekali dalam seminggu dan berikan tubuhmu jus segar satu harian penuh. Sehingga kamu merasa lebih bertenaga.
16.   Siapkan rencana keuangan yang detail untuk jangka waktu tertentu dan terus ikuti. Bijaksanalah dengan uangmu adalah cara investasi yang baik. Keamanan financial mengarah kepada kebebasan pribadi.
17.   Nilai dari seseorang adalah karakternya, itulah yang membuat dirimu unik.
18.   Semakin banyak yang seseorang tahu maka semakin banyak yang ia raih.
19.   Jadilah seseorang dengan kepala dingin, hati yang hangat dan karakter yang bagus.
20.   Uang bukanlah ukuran kesuksesan, tapi perubahan dirimulah yang penting.


Jangan underestimate kompetitor dan syarat sukes

Jangan under-estimate orang lain, meskipun anda pikir mereka bukan competitor: sebagai marketer kita harus selalu sadar dan mencari tahu apa yang sedang terjadi di pasar.

Hal yang kurang lebih sama sering terjadi di asuransi, orang seringkali memandang negative asuransi karena tidak mengerti secara utuh mengenai produk asuransi tersebut. Sehingga, seringkali enggan mengasuransikan diri. Di sisi lain, orang lebih bangga punya kartu kredit dibandingkan punya polis asuransi. Padahal, kita tahu bahwa kartu kredit adalah hutang, sedangkan asuransi adalah sesuatu yang kita bayar sekarang dan hasilnya akan dinikmati di masa depan. Asuransi juga menjadi penolong ketika kita berada di sebuah kondisi yang tidak kita perkirakan.

Terkena penyakit atau kecelakaan tentu hal yang tidak kita inginkan. Saya sering dengar dan melihat langsung bahwa orang harus kehilangan semuanya karena tidak punya asuransi. Ini pengalaman saya, ketika ada saudara sakit dan tidak punya asuransi. Akibatnya, keuangan keluarganya terganggu, bahkan sampai hartanya habis-habisan. Saya merasa sedih, tapi sekaligus semakin terpacu untuk mengenalkan asuransi kepada semua orang.

Sukses dan informasinya
1.       Kesuksesan seseorang membuat hidup yang lebih mudah untuk orang lain
2.       Sukses berarti bekerja sama secara efektif dengan orang lain, tidak hanya berkompetisi
3.       Kamu bisa mengontrol isi pikiranmu
4.       Cara untuk mendapat kesuksesan adalah dengan menggambarkannya
5.       Gunakan kata-kata untuk mengatur dan menginspirasi, kata- kata memiliki power ketika diselaraskan dengan imajinasi. Kata-kata mu harus pas dengan gambaran sukses mu.
6.    Kesuksesan itu bersifat subjektif, jika kamu temukan bahwa sangat sulit untuk mengejar sukses, ini mungkin karena kamu tidak bisa menggambarkan secara gamblang apa arti kesuksesan. Sukses adalah apa yang kita pikirkan. Sekali kamu benar-benar mengejar apa yang kamu inginkan, kamu akan punya sedikit masalah dengan waktu
7.    Perbaiki pikiranmu dari luar, jika kamu ingin senang, gambarkan dirimu menjadi senang. Tetapi kamu bisa melakukan yang lebih baik yaitu dengan berakting seolah-olah kamu sudah senang.
8.     Artikan dan ukur kesuksesan
9.    Konsenstrasi, jangan mencoba untuk selalu di banyak tempat atau melakukan apapun. Lakukanlah apa yang terbaik yang bisa kamu lakukan, dan jangan lakukan yang kamu tidak bagus.  Rubahlan apa yang bisa kamu rubah.



Masalah Keuangan dan Pelajarannya

Masalah keuangan

Pelajaran dari Enron

Pada tanggal 2 Desember 2001, Enron Corporation dinyatakan bangkrut. Kegagalan enron mengejutkan komunitas bisnis karena ukuran dan kehebatan perusahaan itu. Barang kali yang paling mengesankan adalah fakta bahwa enron Corp, telah disebut sebagai perusahaan paling inovatif di Amerika oleh majalah Fortune selama enam tahun berturut-turut. Dan hadiah terakhir diberikan pada bulan januari 2001. Kegagalan Enron mendominasi pers keuangan selama berbulan-bulan sesudahnya dan juga mengakibatkan diadakannya serangkaian dengar pendapat kongres tingkat tinggi.

Dalam ekonomi kapitalis, perusahaan dibentuk oleh para wirausahawan-sebagian tumbuh menjadi besar, menjadi perusahaan public seperti Enron, dan banyak lagi akhirnya gagal. Lantas mengapa kegagalan Enron begitu penting ? bagaimanapun juga, kegagalan sekedar bukti bekerjanya prinsip survival yang terkuat menurut Darwin.

Persoalan yang berakar di dalam Enron setelah kegagalan itu telah membuat banyak investor mempertanyakan memadai atau tidaknya pelaporan kepada public. Misalnya, di mana saja para analis dan lembaga penentu kredit. Dimana auditor perusahaan dan mengapa mereka tidak melaporkan apa yang tampak di depan mata sehingga mengabaikan standar pelaporan kepada komite dewan direktur?
Kepercayaan investor kepada system pelaporan public tergoncang. Pengaruh politik, kebohongan dan skandal. Bahkan majalah National Enquirer memajang sampulnya mengenai Enron. Selain kemungkinan kejahatan oleh para eksekutif Enron, Enron juga menjadi salah satu penyumbang dana terbesar bagi kedua partai politik.

Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa memaksimalkan nilai saham tidak selalu merupakan hal terbaik yang harus dilakukan. Bila ada ketidaknyambungan antara harga pasar sekarang dengan nilai intrinsic perusahaan, maka usaha untuk memanipulasi nilai saham tampaknya mungkin dilakukan dalam jangka pendek. Dalam keadaan seperti ini, bisa muncul berbagai persoalan bila perusahaan menggunakan kompensasi berbasis ekuitas yang didasarkan atas perbandingan kinerja dengan harga saham atau pengembalian. Situasi ini dapat membuat pandangan manajerial sempit dan hanya terfokus untuk menggembar-gemborkan potensi perusahaan kepada investor agar dapat meraih valuasi pasar yang lebih tinggi dari saham perusahaan.

Pelajaran yang lain adalah kepercayaan dan kredibilitas merupakan hal yang esensial bagi kesuksesan bisnis. Apakah perusahaan bisa jalan atau tidak secara kritis terletak pada kredibilitas perusahaan terhadap para pelangga, karyawan, regulator, investor bahkan secara tertentu para kompetitornya. Secara khusus ini kritis sekali bagi perusahaan dagang seperti Enron yang bisnis utamanya pada kemauan para rekanan dagang perusahaan untuk mempercayai kemampuan Enron untuk siap sedia pada saat harus membereskan. Bila kepercayaan komunitas investasi diuji dengan terbongkarnya kerugian dari salah satu investasi terbesarnya kemudian terbongkarnya ketidakseimbangan neraca Enron, bisnis dagang Enron pun menguap.


Masalah keuangan 2

Siapa yang kita percaya jika bukan manajemen?

Pada beberapa kejadian khusus, manajemen menyediakan informasi akuntansi yang tidak akurat kepada para invesor, bahkan kadang dengan tujuan untuk mengelabui. Jika sudah memiliki tujuan untuk mengelabui pasti akan mengalami kerugian. Banyak perusahaan besar dengan nama baik dapat membuat beberapa kekeliruan besar dan kemudian mencoba untuk menutupi keadaan yang sebenarnya dengan menggunakan metode akuntansi yang menyesatkan. Ketika ini terjadi, maka kepercayaan yang hilang tidak bisa dihindari.

Berdasarkan keterangan tersebut maka penting untuk menerima nasihat dari CEO Harley Davidson INC yaitu :
1.       Pahamilah bahwa tidak semua bisnis itu sama. Apa yang dijalankan oleh suatu lingkungan belum tentu dijalankan oleh lingkungan yang lain. Maka, dedikasikanlah diri anda kepada pelajaran yang lebih fundamental. Namun, pada penerapannya harus lebih fleksibel dan terbuka pada lingkungan perusahaan dan industry yang berbeda yang mungkin akan anda hadapi.
2.       Berani dan mau melakukan eksperimen dengan sesuatu yang berbeda. Nasihat ini sangat berarti bagi setiap orang dan juga bagi perusahaan-perusahaan. Perusahaan yang memfokuskan pada wilayah, produk atau kemampuannya kemudian mengatasinya. Jika anda selalu mengikuti perusahaan lain, anda akan menjadi suatu perusahaan yang biasa-biasa saja. Kebesaran datang dari keinginan untuk melangkah lebih jauh dan menjadi lebih baik dari perusahaan pesaing.

Satu hal yang mungkin harus diketahui yaitu resiko terjadi dan masa depan itu tidak tetap.
Dalam berbagai bidang teknologi tinggi, masalah yang sering timbul adalah sementara kita dapat meramalkan masa depan, prakiraan it uterus menerus berubah dengan berubahnya teknologi. Sektor telekomunikasi telah menunjukkan betapa cepatnya perubahan bisa terjadi. Jangan sampai terus memproduksi barang tanpa melihat atau memantau pasar karena pasar selalu bergerak dan berubah.

Sunday 16 November 2014

Ketika pembeli dan penjual saling menertawakan

Ketika pembeli dan penjual saling menertawakan

Dunia marketing dirancang serius, tapi acap kali mengundang tawa, ketika dibuat lucu malah mendapat cibiran dari konsumen. Itulah dunia marketing. Para pemasar memang harus beekrja keras untuk berinovasi dalam menciptakan strategi pemasaran yang jitu guna menjawab tantangan pasar yang terus berubah.

Sebagai pemasar, sering tertawa geli dalam hati melihat gelagat para konsumen. Apakah mereka menjadi konsumen yang snob, smart atau dumb?
Berikut adalah penjelasannya :

Konsumen yang snob adalah konsumen yang suka dengan barang mahal supaya kelihatan hebat. Dia sebetulnya kurang paham akan produk yang mereka beli. Yang terpenting mereka mebeli lebih mahal ketimbang yang dibeli orang lain.

Kita juga sering geli sendiri melihat konsumen yang dumb, yang selalu membeli barang yang murah. Bukan karena mereka tidak mampu, tapi memang pelit. Produk yang dibeli biasanya memenuhi kebutuhan fungsional, dan harganya tidak mahal.

Jujur saja, kita sebagai pemasar mungkin sering jengkel ketika dihadapkan dengan konsumen yang smart. Maklum, konsumen yang smart biasanya punya pengetahuan yang cukup dalam membandingkan produk. Konsumen seperti ini sadar bahwa percuma harga murah jika manfaat fungsional dan emosionalnya kurang ia dapatkan. Ya, anda mungkin jengkel karena konsumen seperti ini tidak bisa dibohongi.

Mungkin para penjual tidak sadar bahwa sebetulnya konsumen sering menertawakan mereka. Konsumen punya akal, hati dan jiwa untuk bisa menilai gelagat marketer yang snob, smart dan dumb.

Marketer yang snob adalah marketer yang arogan dan menganggap dirinya lebih tinggi dibandingkan konsumen sehingga terkadang tidak butuh konsumen.

Marketer yang dumb adlaah marketer yang menganggap dirinya berada di bawah konsumen. Mereka mengaggap konsumen sebagai raja.

Marketer yang smart adalah marketer yang tahu bagaimana memberlakukan konsumen secara horizontal sebagai teman. Ia punya dab dan tata karma bagimana untuk bisa bersikap friendly terhadap konsumen.

Karakter tipe konsumen dan marketer ini yang memberi warna cerita dunia pemasaran. Pada akhirnya kita bisa lihat marketing ibarat seni drama pertunjukan yang kompleks, karena antara marketer dan konsumen harus bisa saling menyentuh pikiran, hati, dan jiwa antar satu sama lain.
Sebagai seorang marketer, selalu terhubung dengan konsumen adalah hal yang tidak bisa dielakkan lagi.



Asal-usul bahasa

Asal-usul bahasa

Hingga kini belum ada suatu teori pun yang diterima luas mengenai bagaimana bahasa itu muncul di permukaan bumi. Ada dugaan kuat bahasa nonverbal muncul sebelum bahasa verbal. Teoretikus kontemporer mengatakan bahwa bahasa adalah ekstensi perilaku social. Lebih dari itu, bahasa ucap bergantung pada perkembangan kemampuan untuk menempatkan lidah secara tepat di berbagai lokasi dalam system milik manusia yang memungkinkannya membuat berbagai suara kontras yang diperlukan untuk menghasilkan ucapan.

Kemampuan ini mungkin berhubungan dengan kemampuan manusia lebih awal untuk mengartikulasikan isyarat-isyarat jari jemari dan tangan yang memudahkan komunikasi nonverbal. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa asal bahasa adalah bahasa nonverbal yang misalnya yaitu menggunakan asap untuk berkomunikasi dan lain sebagainya.

Fungsi Bahasa dalam kehidupan manusia
Mengapa manusia berbahasa dan mengapa terdapat banyak bahasa di dunia ?.  Salah satu pandangan mengatakan bahwa orang-orang yang hidup di berbagai bagian dunia merasa perlu merancang solusi untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Dalam hal ini, mereka menciptakan berbagai cara hidup dan bersama hal itu, bahasa-bahasa berlainan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Kita sering tidak menyadari pentingnya bahasa, karena kita sepanjang hidup menggunakannya. Kita baru sadar bahasa itu penting ketika kita menemui jalan buntu dalam menggunakan bahasa, misalnya ketika kita berupaya berkomunikasi dengan orang yang sama sekali tidak memahami bahasa kita yang membuat kita frustasi, ketika kita sulit menerjemahkan suatu kata, frase, atau kalimat dari suatu bahasa ke bahasa lain, ketika kita harus menulis lamaran pekerjaan atau diwawancarai dalam bahasa inggris untuk memperoleh pekerjaan yang bagus.

Fungsi bahasa yang mendasar adalah untuk menamai atau menjuluki orang, objek dan peristiwa. Setiap orang punya nama untuk identifikasi social. Orang menamai apa saja, objek-objek yang berlainan, termasuk perasaan tertentu yang mereka alami. Penamaan adalah dimensi pertama bahasa dan basis bahasa, dan pada awalnya itu dilakukan manusia sesuka mereka, yang lalu menjadi konvensi.

Menurur Larry L.Barker, bahasa memiliki tiga fungsi:
1.     Penamaan (naming atau labeling), merujuk pada usaha mengidentifikasi objek, tindakan, atau orang dengan menyebut namanya sehingga dapat dirujuk dalam komunikasi.
2.      Interaksi, menekankan berbagai gagasan dan emosi, yang dapat mengundang simpati dan pengertian atau kemarahan dan kebingungan.

3.   Transmisi Informasi, melalui bahasa, informasi dapat disampaikan kepada orang lain. Anda juga menerima informasi setiap hari, sejak bangun tidur hingga anda tidur kembali.

langkah memasarkan merek

3 langkah memasarkan misi merek (brand mission) kepada konsumen, yakni membangun bisnis yang tak biasa, metode bercerita dan memberdayakan konsumen.

1.  Bisnis tak biasa, ide bisnis yang tidak biasa tentu memiliki nilai dan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Apalagi konsumen senantiasa mengharapkan sesuatu yang baru dan berbeda. Yang tidak biasa di sini bisa diartikan sebagai sesuatu yang baru atau sesuatu yang berubah dari yang lama menjadi baru. Janji tranformasi yang baru inilah yang kudu disampaikan kepada pelanggan. Menemukan ide bisnis yang orisinal dan tidak biasa bukanlah perkara membalik telapak tangan. Dibutuhkan kemampuan strategic foresight. Kemampuan ini biasanya melekat pada kepemimpinan visioner.

2.     Story-telling, cara kedua untuk memasarkan misi kepada konsumen adalah metode bercerita. Metode bercerita adalah metode yang terbukti mumpuni dalam menyampaikan pesan kepada audiens yang bersangkutan. Metode ini mampu melibatkan kesadaran audiens, baik emosi, indera, maupun intelektualnya. Dengan bercerita, karakter-karakter yang ditampilkan bisa dengan mudah menjadi bagian dari kehidupan audiens. Bahkan, audiens bissa merasa terlibat di dalam cerita maupun pergulatan yang dialami oleh karakter-karatker dalam cerita tersebut. Pada tahap ini cerita lebih gampang untuk menggerakkan orang.


3.  Pemberdayaan Konsumen, memberdayakan konsumen cara ideal lain untuk memasarkan brand tersebut. Di era horizontal seperti sekarang, melibatkan konsumen dalam misi ini merupakan hal yang fundamental. Misalnya, mengajak konsumen untuk berbuat sesuatu demi misi tersebut. Misi tersebut tidak hanya milik perusahaan tapi juga milik konsumen.. kolaborasi, co-creation, membangun percakapan tentang misi bersama pelanggan bisa menjadi langkah pemberdayaan tersebut. Misi yang baik akan mendapatkan dukungan dari konsumen. Ketika konsumen mendukung dan merasa memiliki merek dan perusahaan, biaya akan jauh lebih murah. Alasannya, perusahaan bisa mendapatkan manfaat dari kekuatan jaringan. Komunitas konsumen akan dengan senang hati menyebarkan kabar baik tentang merek tersebut ke konsumen lain. Dalam hal ini, kekuatan word-of-mouth bisa dibangun. Benefitnya bagi perusahaan adalah perussahaan bisa mengurangi biaya promosi karena masyarakat konsumen sendiri yang mempromosikannya kepada konsumen lainnya. Hal ini bisa terjadi ketika konsumen dilibatkan dalam aktivitas perwujudan misinya. Konsumen akan menceritakan pengalaman kepuasannya dilayani oleh perusahaan kepada konsumen lainnya. Proses melibatkan konsumen ini bisa berujung pada low cost cocreation atau kokreasi berbiaya rendah.