Wednesday 19 November 2014

perspektif wiraswasta dan rahasia sukses

Perspektif seorang wiraswasta

Pernahkan anda berpikir suatu hari bisa mempunyai bisnis sendiri? Apakah menjadi seorang wiraswastawan menarik bagi anda? Bagi banyak orang hal ini menarik. Selama dasawarsa lalu, banyak orang memilih menempuh karir dengan perusahaan-perusahaan yang baru mulai tumbuh dan berkembang. Memang, sementara banyak perusahaan besar sedang mengurangi jumlah karyawan, perusahaan-perusahaan kecil justru berhasil menciptakan ribuan lapangan kerja. Banyak orang berpikir bahwa bekerja di perusahaan besar lebih aman, dan ternyata akhirnya itu Cuma ilusi ketika mereka diberitahukan bahwa mereka akan di PHK.

Kewiraswastaan didefinisikan sebagai usaha tanpa henti mengejar peluang untuk menciptakan nilai entah berapapun sumber daya yang dimiliki. Supaya sukses, proses kewiraswastaan menuntut agar si wiraswastawan mampu:
1.       Mengidentifikasi sebuah peluang yang baik, kerap kali mungkin kita puny aide yang bagus, namun mungkin saja itu bukan peluang yang bagus. Peluang didorong oleh pasar. Harus ada cukup pelanggan yang mau membeli produk dengan harga yang menutup pengeluaran dan masih menyisakan keuntungan yang menarik- entah seberapa pun kita menyukai ide itu.

2.       Mendapatkan akses ke sumber daya yang dibutuhkan, wiraswasta biasanya tidak punya modal untuk memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan. Maka ia harus memiliki akses ke sumber daya sumber daya itu, namun biasanya tidak mampu memilikinya. Tujuannya adalah melakukan lebih banyak dengan modal lebih sedikit.

3.       Meluncurkan usaha, semua perencanaan di dunia ini tidak cukup. Wiraswastawan harus berorientasi kepada tindakan. Dibutuhkan semangan “bisa”

4.       Menumbuhkan bisnis, semua bisnis harus berkembang agar sukses. Bila tumbuh terlalu lambat kita rugi, bila terlalu cepat kita juga rugi. Selama menunggu waktu yang tepat dibutuhkan tambahan modal yang menuntut agar kita tahu bagaimana menilai harga perusahaan dan menstrukturkan pendanaan.


5.       Keluar dari bisnis, bila suatu usaha telah sukses, wiraswastawan itu telah menciptakan nilai ekonomis yang terkunci dalam bisnisnya. Pada suatu waktu, wiraswastawan itu ingin meraup nilai yang telah tercipta oleh bisnis itu. Itulah saatnya panen.

Rahasia sukses dalam hidup :
1.       Jangan terlalu banyak tidur, ini adalah salah satu investasi terbaikmu untuk membuat hidupmu lebih produktif. Jangan tidur lebih dari 7 jam.
2.       Berikan waktu luang setiap subuh untuk merenung dan menenangkan diri. Melihat sunrise mungkin salah satu cara baik untuk mengurangi stress dan menenangkan diri sejenak sebelum memulai aktifitas seharian.
3.       Sebelum memulai kegiatan Tanya pada diri sendiri apakah ini cara terbaik untuk menghabiskan waktu dan tenagaku ?, dengan cara ini mungkin kita mengurangi waktu dan tenaga pada hal yang tidak berguna.
4.       Tunjukkan sikap optimis dan entusiasme tinggi setiap hari.
5.       Selalu ingat bahwa kualitas hidupmu bergantung dari kualitas komunikasi dengan orang banyak. Selalu perbaiki kemampuan komunikasi dan gunakan kemampuan komunikasi tersebut untuk meraih lebih tinggi dan juga fokus terhadap apa yang anda inginkan.
6.       Tetaplah pada tujuan hidup anda, bukan pada penghasilan, dengan kata lain jangan lakukan sesuatu hanya untuk uang atau agar dikenal orang banyak. Teruslah kerjakan apa yang kamu cintai dan teruslah berbuat baik pada sesame.
7.       Kuatkan keinginanmu yang mungkin pudar seiring dengan berjalannya waktu
8.       Jangan biarkan pikiranmu melayang tanpa tentu, berusahalah untuk tetap fokus. Ketika melakukan sesuatu, fokuslah dan jangan pikirkan hal lain.
9.       Gunakan rumus 60/40 yaitu mendengar 60% dan berbicara hanya 40%.

10.   Berhenti mengeluh dan kembangkan kepribadian yang menyenangkan agar memperbaiki hubungan dengan orang sekitar.
11.   Bertemanlah dengan orang-orang positif dan orang-orang yang bisa kita ambil pelajaran.
12.   Selalu ingatlah hal ini, bahwa tidak seorangpun yang bisa menghina atau melukaimu sebelum kamu izinkan.
13.   Ingatlah tidak ada kegagalan, yang hanya ada pelajaran.
14.   Tidak pernah membicarakan kesehatan, kekayaan dan permasalahan pribadi lainnya dengan seseorang kecuali mereka yang termasuk keluarga anda.
15.   Seringlah berpuasa, minimal sekali dalam seminggu dan berikan tubuhmu jus segar satu harian penuh. Sehingga kamu merasa lebih bertenaga.
16.   Siapkan rencana keuangan yang detail untuk jangka waktu tertentu dan terus ikuti. Bijaksanalah dengan uangmu adalah cara investasi yang baik. Keamanan financial mengarah kepada kebebasan pribadi.
17.   Nilai dari seseorang adalah karakternya, itulah yang membuat dirimu unik.
18.   Semakin banyak yang seseorang tahu maka semakin banyak yang ia raih.
19.   Jadilah seseorang dengan kepala dingin, hati yang hangat dan karakter yang bagus.
20.   Uang bukanlah ukuran kesuksesan, tapi perubahan dirimulah yang penting.


No comments:

Post a Comment