VARIABEL PENELITIAN
Variabel penelitian terdiri dari atas tiga macam,
yaitu variabel eksogen (independent variable) atau variabel yang
mempengaruhi atau menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen
(terikat) (Sugiyono,2004), variabel endogen (dependent variable) atau
variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel
bebas. Dan variabel mediasi (intervening variable) atau variabel
antara yang menghubungkan sebuah variabel independen utama pada variabel
dependen yang dianalisis (Ferdinand, 2006). Variabelvariabel yang digunakan
pada penelitian ini adalah :
1.
Variabel eksogen (dependent variable), yaitu kualitas pelayanan (X1)
2.
Variabel mediasi (intervening),yaitu kepuasan konsumen (X2)
3.
Variabel endogen (independent variable), yaitu : loyalitas konsumen (X3)
DEFINISI OPERASIONAL
Definisi operasional adalah melekatkan arti pada
suatu variabel dengan cara menetapkan kegiatan atau tindakan yang perlu untuk
mengukur variabel.
1.
Kualitas pelayanan
Parasuraman,
Zeithaml, dan Berry, 1988, mengemukakan bahwa kualitas pelayanan dapat
didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan 26 dan harapan
pelanggan atas pelayanan yang mereka terima atau diperoleh. Pada dasarnya jasa
diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan, dimana interaksi antara pemberi
jasa dan penerima jasa mempengaruhi hasil jasa tersebut. Adapun indikator
variabel kualitas pelayanan menurut Parasuraman, Zeithmal, & Berry (1988) :
a.
Kehandalan dalam melayani
b.
Kemauan melayani konsumen
c.
Kepercayaan atau kepastian dalam melayani
d.
Kepedulian pada konsumen
e.
Fasilitas layanan
2.
Kepuasan konsumen
Tse
dan Wilton, 1998; dalam Tjiptono dan Chandra, 2005, menyatakan bahwa kepuasan
pelanggan merupakan respon pelanggan pada evaluasi persepsi terhadap perbedaan
antara ekspektasi awal (atau standar kinerja tertentu) dan kinerja aktual
produk sebagaimana dipresepsikan setelah konsumsi produk. Indikator-indikatornya
adalah Tse dan Wilton, 1998; dalam Rivai, 2005:
a.
Pilihan tepat
b.
Kesesuaian harapan
c.
Kepuasan fasilitas
3.
Loyalitas konsumen
Menurut
Tjiptono (2006) loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu
merek, toko atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian
jangka panjang. Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa 27 kesetiaan terhadap
merek diperoleh karena adanya kombinasi dari kepuasan dan keluhan. Sedangkan
kepuasan pelanggan tersebut hadir dari seberapa besar kinerja perusahaan untuk
menimbulkan kepuasan tersebut dengan meminimalkan keluhan sehingga diperoleh
pembelian jangka panjang yang dilakukan oleh konsumen. Adapun indikator
variabel ini menurut Tjiptono (2006), yaitu:
a.
Repeat, yaitu apabila konsumen membutuhkan barang atau
jasa yang disediakan oleh penyedia jasa yang bersangkutan
b.
Retention, yakni apabila ia tidak terpengaruh jasa yang
ditawarkan oleh pihak lain.
c.
Refferal, apabila jasa yang diterima memuaskan, maka
konsumen akan memberitahukan kepada pihak lain, dan sebaliknya apabila ada ketidakpuasan
atas pelayaan yang diterima ia tidak akan bicara pada pihak lain, tapi justru
akan memberitahukan pelayanan yang kurang
memuaskan
tersebut pada pihak penyedia dana.
POPULASI DAN SAMPEL
Populasi adalah gabungan dari seluruh elemen data
yang berbentuk peristiwa, hal atau orang yang memiliki karakteristik yang
serupa menjadi pusat perhatian seorang peneliti karena dipandang sebagai sebuah
semesta penelitian (Ferdinand, 2006). Populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen Waterpark Semawis Semarang sejumlah 10.688 pengunjung. Untuk
menentukan ukuran sampel penelitian dari populasi tersebut dapat digunakan
rumus Slovin oleh Sevilla et. Al, 1993
JENIS
DAN SUMBER DATA
Data
yang digunakan dalam penelitian ini yakni :
1.
Data Primer
Data
primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya, yakni data
yang diperoleh dari responden melalui kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai
hal yang berkata dengan kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan loyalitas
konsumen.
2.Data
Sekunder
Data
sekunder merupakan data yang diperoleh dari pihak lain selama. responden dalam
hal ini adalah pihak perusahaan yang diteliti. Data sekundernya meliputi data
jumlah pengunjung yang datang, gambaran umum perusahaan, struktur organisasi
perusahaan, job description, dll.
METODE PENGUMPULAN DATAAdapun
cara yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan kuesioner dan dokumen.
1.
Kuesioner, yaitu suatu cara pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mendistribusikan
kuesioner kepada responden. Pada penelitian ini, kuesioner dibagikan kepada
responden selanjutnya diwawancarai di lokasi penjualan untuk memudahkan pendataan.
Untuk
mengukur sikap responden terhadap setiap pertanyaan atau pernyataan digunakan
skala likert 1-5 sebagai berikut :
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Netral
d. Setuju
e. Sangat setuju
Responden
cukup memberi tanda V (check list) atau centang pada kotak pilihan pernyataan
yang dianggap paling sesuai dengan harapannya.
2.
Dokumen, cara ini digunakan untuk mendapatkan data sekunder, yaitu dengan
mencatat data yang telah diterbitkan oleh perusahaan, seperti data jumlah pengunjung
yang datang, gambaran umum perusahaan, struktur organisasi perusahaan, job
description, dll.
IGT Gaming, Casinos, and Games for sale in Maricopa
ReplyDeleteFind your complete list kadangpintar of casinos, games and games at IGT Gaming in sporting100 Maricopa, apr casino Arizona. 1. casinosites.one Casinos in nba매니아 Casino at Residence