Cost-based
Pricing
Cost-based
Pricing adalah penetapan harga berdasarkan atas perhitungan biaya-biaya
financial.
Perbedaan Cost-based dan Value-based Pricing
Value-in-Use Pricing
Harga
ditetapkan berdasarkan kebutuhan konsumen terhadap barang dengan menawarkan biaya hemat karena
mempertimbangkan biaya memperoleh barang, memiliki, menjaga dan membuang
produk.
Harga
adalah biaya paling nyata dari pembelian suatu barang (mobil baru, computer,
polis asuransi dan lainnya). Semua konsumen sensitif terhadap harga pada
tingkat harga tertentu
Harga hanyalah
ibarat ujung es kecil dari gunung es besar yang berada di bawahnya.
Harga yang ditetapkan untuk setiap produk hanya bagian kecil dari beberapa
bagian yang harus dikeluarkan untuk keperluan biaya lainnya seperti biaya
akuisisi, biaya keuangan, biaya penyimpanan, biaya pasang, biaya penggunaan,
biaya perbaikan dan biaya pembuangan.
Perceived-Value Pricing
Penetapan
harga berdasarkan pendekatan keuntungan yang dirasakan oleh konsumen untuk
penetapan harga berdasarkan nilai/value barang tersebut.
Kunci
dalam penetapan harga berdasarkan nilai yaitu keuntungan kompetitif
Performance-Based Pricing
Penetapan
harga berdasarkan kualitas kerja suatu produk. Untuk itu diperlukan sebuah
keuntungan nilai yang dimiliki suatu barang. Dengan membandingkan harga suatu
produk competitor dan kelebihannya terhadap harga produk sendiri beserta keunggulannya.
Price Margin
Harga
yang dibayar oleh pengguna akhir dan biaya yang diterima sebuah bisnis biasanya
sering sangat jauh perbedaannya. Terutama untuk bisnis yang menggunakan
indirect channel (Perusahaan yang menggunakan banyak wholesaler atau retailer).
Price
Margin diperoleh ketika biaya penjualan langsung lebih banyak dari margin yang diberikan ke penjual perantara
sehingga menjadi lebih menguntungkan.
Berdasarkan
strategi Channel, potongan harga, biaya transaksi sebuah bisnis bias
mendapatkan jarak yang lebar antara harga yang konsumen bayar untuk sebuah
produk dan “Pocket Price” yang diterima pihak perusahaan.
No comments:
Post a Comment