Monday 6 October 2014

pentingnya kuliah

Gedung Sate, Bandung


Assalamualaikum teman-teman semua
Perkenalkan nama saya adalah Dhio Endar Mora
Saya adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di salah satu universitas ternama di kota Bandung.
Mungkin saya akan bercerita sedikit tentang diri saya, saya adalah anak medan yang memilih untuk kuliah di kota Bandung, dan sama seperti anak kuliahan yang merantau di luar daerahnya, saya menyewa kamar kost yang alhamdulillah walaupun tidak terasa seperti lingkungan di kampung saya, saya harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dan sekaligus saya beranggapan bahwa ini adalah jalan untuk menjadi individu yang mandiri, mencoba untuk mengerti bagaimana hidup sendiri tanpa orang tua dan belajar untuk menghargai hidup dan uang yang telah diberikan oleh orang tua.
Pada saat saya pertama kali tiba di kota Bandung, saya awalnya merasa asing. Perasaan muncul karena lingkungan yang saya lihat dan rasakan sangat berbeda dengan lingkungan di kampung. Dan mungkin sama dengan anak kuliah lain yang merantau, saya sempat merasa galau di awal-awal semester, banyak pikiran-pikiran yang mulai kacau. Tetapi saat itu saya sadar bahwa masa depanku ditentukan oleh apa yang ku pelajari di waktu kuliah. Jadi saat saya mulai merasa galau, saya ingat akan pesan-pesan orang tua, dan itulah yang membuat saya kuat.
Semester berganti dengan semester lain, saya mulai mendapat banyak teman dan kenalan. Dari situlah saya belajar tentang pengalaman orang lain, pengalaman kakak kelas yang lama lulus, pengalaman abang yang berjualan yang menyesal karena menyia-nyiakan kuliah. Banyak hal yang bisa membuat kita hilang fokus untuk tetap kuliah dengan semangat, salah satunya mungkin karena kita telah menghasilkan uang sehingga tidak fokus ke kuliah, dan yang paling sering adalah karena pergaulan atau mungkin karena pacar.
Jika kita mampu untuk menahan nafsu yang bukan pada waktu dan tempatnya, saya percaya pengorbanan yang kita berikan untuk kuliah tidak akan sia-sia. Untuk teman-teman tetaplah semangat kuliah walaupun kadang rasa malas sering menghampiri, tapi jangan dijadikan alasan. karena apa yang anda lakukan sekaranglah yang akan menentukan masa depan teman-teman semua.

No comments:

Post a Comment