Tuesday 7 October 2014

Matkul Manajemen Operasi

Ini adalah beberapa pelajaran mengenai matkul Manajemen Operasi
Capacity Planning

Apa itu Kapasitas : Jumlah unit yang dapat ditangani, diterima, disimpan, atau diproduksi oleh sebuah organisasi atau kelompok dalam periode waktu tertentu.

Apa itu Kapasitas Design (Design Capacity) : Output (pengeluaran) maksimum sebuah sistem secara teoritis dalam suatu periode waktu tertentu dengan kondisi ideal.

Apa itu Kapasitas Efektif (Effective Capacity) : Kapasitas yang diperkirakan akan dicapai perusahaan dengan bauran produk, metode penjadwalan, pemeliharaan, dan standar kualitas tertentu.

Utilitas               = Output Aktual / Kapasitas Design
Efisiensi             = Output Aktual / Kapasitas Efektif
Output Aktual  =  Kapasitas Efektif  x  Efisiensi


Contoh Soal:

-Sara Bakery memiliki pabrik yang memproduksi roti Deluxe untuk sarapan dan ingin memahami      kapasitasnya dengan lebih baik. Tentukan kapasitas desain, utilitas, dan efisiensi pabrik ini saat  memproduksi roti Deluxe.

-Minggu lalu Sara Bakery memproduksi 148.000 roti. Kapasitas efektif pabrik adalah 175.000 roti. Lini produksinya beroperasi 7hari seminggu dengan 3 giliran kerja masing-masing 8 jam per hari. Lini tersebut dirancang untuk memproduksi roti Deluxe isi kacang dan rasa kayu manis dengan tingkat output 1.200 roti per jam. 
¨Kapasitas Desain :
(7hr x 3 giliran kerja x 8 jam) x (1.200 roti/jam) = 201.600 roti

¨Utilitas :
Output Aktual / Kapasitas Desain = 148.000/201.600 = 73,4%

¨Efisiensi :
Output Aktual / Kapasitas Efektif = 148.000/175.000 = 84,6%

Pertimbangan Kapasitas


 Mengelola Permintaan



Yang terakhir yaitu Penyesuaian Kapasitas




No comments:

Post a Comment